Asian Games 2018, Indonesia Targetkan Timnas Masuk Semifinal

SMKMutuCileungsi.com, JAKARTA – Indonesia menargetkan tim sepak bola nasional mampu menembus putaran semifinal dalam pertandingan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jawa Barat, pada Agustus 2018.

“Presiden telah meminta Indonesia mencapai semifinal Asian Games nanti,” kata Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono selepas mengikuti Acara Penghitungan Mundur Asian Games 2018 di Jakarta, Jumat (18/8/2017) malam.

PSSI, menurut Joko, masih menyiapkan penyelenggaraan kejuaraan uji coba cabang sepak bola Asian Games yang akan berlangsung di Bekasi dan Bandung pada 10-24 Februari.

“Kami masih membahas delapan negara yang akan diundang untuk mengikuti kejuaraan uji coba Asian Games nanti. Kami berharap keputusan negara-negara yang akan diundang sudah ada pada bulan depan,” kata Joko, seperti diberitakan Antara.

Joko mengatakan kejuaraan uji coba Asian Games akan menjadi ajang evaluasi sistem pertandingan, infrastruktur, sistem teknologi informasi, sistem penyiaran, hingga keterlibatan para sukarelawan.

Tim Sepak Bola Indonesia pernah meraih medali perunggu dalam Asian Games 1958 di Tokyo Jepang. Indonesia menang 4-1 atas tim India pada pertandingan perebutan tempat ketiga Asian Games ke-3 itu.

Sementara pada Asian Games 1954 di Manila Filipina dan Asian Games 1986 di Seoul Korea Selatan, Tim Sepak Bola Indonesia tetap masuk pada putaran semifinal dan meraih peringkat keempat.

Namun, Tim Sepak Bola Merah-Putih justru tidak masuk putaran semifinal pada Asian Games 1962 ketika Indonesia menjadi tuan rumah pesta multi-cabang olahraga tertinggi di Asia itu.

Sebelumnya, pada Jumat (18/8/2017) malam, Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menghadiri peluncuran hitung mundur pelaksanaan Asian Games 2018 di Lapangan Monumen Nasional Jakarta.

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang mengenakan jaket berwarna merah tiba di lokasi acara sekitar pukul 19.00 WIB. Tampak mendampingi Presiden Jokowi adalah Ibu Negara Hajah Iriana Joko Widodo. Hadir juga dalam acara itu mantan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Ketua Panitia Pelaksana Pesta Olahraga Bangsa Asia (Inasgoc) Erick Thohir mengatakan bahwa hitung mundur atau Countdown Asian Games saat ini tepat setahun menuju upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta Palembang.

Hal itu menjadi momen penting untuk memacu totalitas panitia pelaksana Inasgoc. Untuk menandakan peristiwa itu, Inasgoc menggelar dua kegiatan countdown secara serentak pada hari Jumat.

Countdown di Jakarta dipusatkan di Monumen Nasional, sementara Benteng Kuto Besak yang berada di tepi Sungai Musi akan menjadi pusat pesta hitung mundur di Palembang Sumsel.

Presiden menginisiasi upacara countdown dengan melepas anak panah ke target berupa light emiting diode yang menghidupkan semua cahaya dan multimedia sekaligus dimulainya momentum hitung mundur pada 2 jam digital di Bundaran HI Jakarta dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Acara dihadiri delegasi Asia yang mengikuti technical delegated Asian Games 2018 meering II dan OCA Coordination Committe pada tanggal 17 s.d. 18 Agustus 2017.

Sumber : (tirto.id – Olahraga)

34 total views, 2 views today