Teknik IPT Listrik

Perkembangan baru dari Teknik Listrik saat ini terkait dengan gambar teknik yang akan menjadi dasar untuk melakukan sebuah pekerjaan seperti pembuatan instalasi rumah tinggal, dan instalasi motor listrik. Yang terkait dengan rangkaian pengendali atau rangkaian mesin bubut yaitu instalasi penerangan untuk rumah, kantor.

“Untuk keterlibatan dalam pengembangan pembelajaran ini yang pertama tentunya tidak lepas dari siswa, yang kedua bantuan dari bapak dan ibu guru listrik yang lain, dan juga toolmant yang selalu membantu di listrik.” Ucap Pak Santoso selaku Kaprog Teknik Listrik.

Sedangkan, untuk praktek program ini diarahkan ke pengembangan diri, sesuai dengan program pengembangan diri proses pembuatan instalasi dilakukan di ruang listrik yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu, karena lebih efektif dan lebih efisien dengan waktu yang sudah dialokasikan.

Menurut pak santoso, pada saat praktek kegagalan biasanya terjadi, untuk mengurangi kegagalan salah satunya dalam penjelasan peserta didik harus fokus dan selalu memperhatikan dengan baik, harus memahami apa yang dimaksud dan apa yang akan bisa mereka raih sehingga untuk keberhasilan itu lebih banyak dari pada hasil kegagalan itu sendiri.

“Kegagalan itu tentunya sudah pasti ada dan karna kita juga sifatnya belajar, karena belajar itu tidak lepas dari kegagalan, karena kegagalan itulah yang nanti yang akan diperolah keberhasilan.” Ucapnya

Jurusan Teknik Listrik ini karena tergolong teknik pemanfaatan tenaga listrik biasanya ditempat kerjakan dibidang panel, terutama diperakitan panel karena lebih diutamakan dan lebih banyak melakukan pengamatan atau perakitan panel. Tetapi untuk industri yang lain juga dibutuhkan karna Jurusan Teknik Listrik ini sendiri membidangi dalam hal mentenen atau pemeliharaan perbaikan dan pemasangan dari panel itu sendiri.

Jurusan ini memiliki keunggulan khususnya untuk belajarnya memiliki komponen ataupun alat listrik yang disebut dengan PLC (Progammable Logic Controller) yang digunakan untuk mengontrol suatu mesin ataupun alat-alat listrik yang lain secara otomatis dengan menggunakan sebuah komputer yang nanti akan diisi program, setelah diisi program ditransfer ke PLC itu sendiri.

“Setelah ditransfer ke PLC artinya sudah bisa mengikuti perkembangan jaman saat ini, bahkan bisa menggunakan teknologi, misalnya harus bisa dicontrol dari manapun untuk bisa mengoprasikan mesin-mesin itu melalui jaringan internet yang tersedia.” Paparnya.

Prestasi yang sudah diraih oleh Jurusan Teknik Listrik ini dari tahun 2012 tingkat kabupaten rata-rata juara 1 untuk lomba kompetensi siswa, sedangkan tingkat provinsi mencapai peringkat 3 pada bulan April tahun 2017.

“Nah, mudah-mudahan untuk selanjutnya dengan persiapan-persiapan yang sudah disiapkan dengan baik akan lebih baik lagi.” Tutupnya.

34 total views, 1 views today